About

WELCOME TO MY BLOG :)

Sabtu, 21 April 2012

R.A. Kartini

Jam menunjukkan 00.00, tanggal 21 April,,, anda tau hari apa ini??? ini hari Kartini, pahlawan yang menjujung tinggi derajat wanita di Indonesia. ok lah langsung aja simak, ini riwayat R.A. Kartini.

Beliau lahir di Jepara, Jawa Tengah pada tanggal 21 April 1879, beliau merupakan salah satu anak dari bangsawan yang masih sangat taat pada adat istiadat. Ayah nya, Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, yang masih ada pertalian nasab dengan Kesultanan Yogyakarta, Hamengkubuwana VI.

Beliau meluluskan pendidikannya di E.L.S. (Europese Legere School) atau setara dengan Sekolah Dasar. Setelah lulus, beliau tidak diperbolehkan untuk melanjutkan jenjang yang tinggi, karena beliau di pingit untuk menunggu waktu dinikahkan. Selama waktu itu, beliau menghabiskan waktunya untuk membaca dan menulis surat kepada temannya yang berada di belanda. Salah satunya adalah Rosa Abendanon. Dari buku-buku, koran dan majalah dari eropa, timbul keinginan Beliau untuk memajukan perempuan di Indonesia, karena pada saat itu status sosial perempuan sangat rendah

Beliau menikah pada tanggal 12 November 1903 dengan Bupati Rembang, K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat. Suami beliau mengerti keinginan beliau, dan beliau diberi kebebasan dan didukung untuk mendirikan sekolah wanita di Rembang.

Beliau melahirkan anak pertama sekaligus anak terakhirnya R.M. Soesalit pada tanggal 13 september 1904, setelah beberapa hari kemudian Beliau wafat pada tanggal 17 september 1904. Beliau meninggal pada usia 25 tahun.

Surat-surat beliau yang sangat legendaris yang diterbitkan berbentuk buku bejudul "Habis Gelap Terbitlah Terang" judul aslinya adalah "Dari Gelap Menuju TErang" yang di ambil dari kitab suci 'miina dulumati ila nuur'

0 komentar:

Posting Komentar