About

WELCOME TO MY BLOG :)

Kamis, 19 April 2012

Keajaiban - Keajaiban Milik Indonesia

Bukan dunia aja lho yang punyai keajaiban, negeri kita Indonesia juga punya keajaiban sendiri, dan tak kalah hebat dengan keajaiban dunia, seperti candi borobudur sampai danau tiga warna,, oke,, kita langsung aja ya ini dia:

1. Candi Borobudur

Candi ini adalah candi budha terbesar di dunia ini terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini dibangun ketika samaratungga - Raja dari Dinasti saylendra memerintah di Jawa Tengah. Candi ini juga termasuk tujuh keajaiban dunia. Candi ini sangat besar dan terdiri dari blok-blok batu besar dengan arsitektur yang sangat megah.

2. Pulau Komodo

Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Nusa Tenggara.Pulau ini merupakan asli habitat alam Komodo.Pulau ini juga merupakan Taman Nasional Komodo yang di kelola oleh pemerintah pusat. Pulau ini ditemukan oleh seorang Belanda yang bernama Steyn Van Hens Broek pada tahun  1910. Komodo dipercaya sisa binatang pada zaman dinasaurus yang masih hidup, panjang komodo dapat mencapai 3 Meter dan beratnya diperkirakan dapat mendacapai 140 Kg. Pada perairan di pulau komodo merupakan perairan bawah air yang menakjubkan, karena dasar laut perairan komodo merupakan terbaik dunia.

3. Danau Tiga Warna Kelimutu

Danau ini merupakan danau yang terindah di Indonesia. Danau Kelimutu ini terletak di Gunung Kelimutu, Flores, NTT. Di sana terdapat tiga danau berdekatan tetapi dengan warna yang berbeda-beda, danau tersebut adalah Tiwu Ata Polo atau disebut dengan danau Merah, Tiwu Nua Muri Kooh Fai atau Danau Hijau dan Tiwu Ata Mbupu atau Danau Biru. Danau ini di temukan oleh orang Belanda yaitu Lio Van Such Telen pada tahun 1915, dan keindahannya di kenal luas setelah P. Bouman melukiskan dalan tulisannya 1929. Sejak saat itu para wisatawan asing selalu minkmati danau yang terkenal angker ini. Dan danau kelimutu ini merupakan satu-satunya danau yang ada di dunia yang warna airnya selalu berubah-ubah, dari merah menjadi hijau tua, dan kemudian menjadi merah hati, hijau tua menjadi hijau muda, cokelat kehitaman menjadi biru langit, fenomena alam ini merupakan suatu keajaiban. WOOW!

4. Puncak Jayawijaya

Di Indonesia memang aneh jika ada salju tapi memang ini nyata adanya, ya puncak gunung jayawijaya yang terdapat di deretan pegunungan yang terbentang di Papua Barat hingga samapai Papua NewGuinea ini dulunya dikenal dengan Pegunungan Orange, pegunungan ini terbentuk karena adanya pengangkatan dasar laut ribuan tahun silam. Meski berada ketinggian 4.800 mdpl, fosil kerang lau misalnya terdapat pada batuan gamping dan klastik yang terdapat pada pegunungan jayawijaya. Pegunungan ini merupakan surganya para pendaki dan surganya para geologi dunia.

5. Prambanan

Candi ini disebut juga candi Roro Jonggrang adalah kompleks candi Hindu terbesar yang di bangun pada abad ke-9 Masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Tiga dewa utama hindu yaitu Brahma, Wisnhu dan Siwa. Menurut legenda, candi ini dibentuk hanya dalam satu malam oleh kesaktian Bandung Bondowoso sebagai syarat untuk mempersunting Roro Jonggrang.

6. Bromo

Bromo dalam bahasa sanskerta adalah Brahma, salah satu dewa utama umat Hindu. Merupakan gunung yang sampai saat ini masih aktif dan terkenal sebagai objek wisata di Jawa Timur. Objek wisata Gunung Bromo ini merupakan fenomena alam dengan kekhasan gejala alam yang tidak ditemukan ditempat lain adalah adanya kawah di tengah kawah dengan hamparan laut pasir yang mengelilinginya. Bagi penduduk Bromo, Suku Tengger gunung ini adalah gunung suci.

7. Toraja

Yang buat Toraja ada disini adalah karena mereka tidak pernah mengubur mayat di dalam tanah tetapi mereka meletakkan mayat di dalam gua-gua di bukit batu. Mayat-mayat ini tidak sendirian lho mereka di temani oleh patung-patung yang menggambarkan orang yang telah meninggal tersebut. Menurut kepercayaan animisme Aluk To Dolo di kalangan tana toraja, makin tinggi tempat di taruhnya mayat tersebut, maka semakin cepat roh itu bertemu dengan Tuhan atau surga.

8. Krakatau

Krakatau merupakan kepulauan vulkanik yang masih aktif di selat sunda. Krakatau sendiri pernah meletus pada tahun 1883, letusan ini sangat dahsyat, karena awan panas dan tsunami yang menewaskan 36.000 jiwa. Sebelum tsunami Aceh tahun 2004, stunami krakatau ini lah yang paling terdahsyat di kawasan Samudra Hindia, suara letusannya konon terdengar sampai Alice spring, Australia dan pulau Rodrigues Afrika. Daya ledaknya diperkirakan 30.000 kali ledakan bom atom hirosima dan nagasaki.Kebayang ga tu kayak mana???

Sebenarnya masih banyak lagi keajaiban di Indonesia,,, tapi sekian dulu jha,,, mata saya sudah perih banget,,, hehehehehe ok!,, semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

0 komentar:

Posting Komentar